Kamis, 22 September 2016

TENTANG PROBOLINGGO


Probolinggo adalah kota yang begitu indah, probolinggo ada di jawa yaitu jawa timur, probolinggo juga mempunyai cirri khas yaitu di juluki dengan sebuah kota buah karena di probolinggo banyak mempunyai perkebunan “ mangga dan anggur “, probolinggo juga mempunya berbagai wisata yang tidak kalah seru dengan wisata-wisata lain loh. Probolinggo juga mempunyai beragam adat istiadat yang masih di laksanakanhingga saat ini. Probolinggo juga terdapat wisata kuliner yang bisa memanjakan lidah kita.

TARI GLIPANG

Tari glipang adalah tarian khas probolinggo, tarian ini di sebut dengan perpaduan agama islam dan budaya jawa yang di kolaborasikan menjadi sebuah tarian khas probolinggo. Dan tarian ini adalah tarian kebanggaan kota ku yaitu probolinggo.






JARAN  KENCAK 
Jaran yaitu kuda, kuda yang lincah yang kuat untuk beraktivitas dengan hiasan di seluruh badannya, jaran kencak biasanya menggunakan kuda yang sedang ukurannya, dan juga kuda yang sangat lincah, biasanya jaran kencak di lakukan di acara khitanan



 NASI GLEPUNGAN
Nasi glepungan terkenal di probolinggo, cirri-ciri nasi ini yaitu : nasi jagung dan lauknya pun beragam seperti ikan asi, tempe,iwak jagung,urap,tahu penyet,lalapan,sambal, lauk-lauk tersebut diletakkan di atas nasi dan siap untu di santap.nyam nyam nyam.
KETAN KRATOK


Ketan kratok adalah ketan yang di kukus hingga matang di campur dengan kacang merah, dan di taburi dengann kelapa parut bisa di makan dengan pisang goreng dan minumnya adalah kopi kawan.






PANTAI BENTAR
Pantai bentar berlokasi di kota probolinggo. Di pantai bentar udaranya sangat segar di sana kita bisa melihat laut yang begitu indah.yang paling menarik di pantai bentar kita bisa menemui ikan hiu tutul lo kawan. Biasanya hiu tersebut muncul pada bulan januari-maret.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar